Menu
Sekedar Info Saja

Subhanallah… Reruntuhan Masjid Peninggalan Sahabat Nabi Muhammad SAW Berhasil Ditemukan

  • Bagikan

Dalam sejarah Islam ternyata masih banyak peninggalan-peninggalan yang belum bisa ditemukan, namun dengan kerja keras luar biasa tim arkeolog di Israel menemukan peninggalan luar biasa.

Tim arkeolog Israel ini menemukan sebuah masjid yang diduga dibangun oleh seorang sahabat Nabi Muhammad SAW!

Seperti dilansir dari laman Arab News, penemuan Masjid Al-Juma atau Masjid Jumat tersebut berada di Selatan Tiberias, di kaki Gunung Berenice.

Katia Cytryn-Silverman dari Hebrew University, arkeolog yang mengawasi penggalian, menyebutkan bahwa situs tersebut adalah masjid tertua di dunia.

Masjid tersebut diduga dibangun pada awal tahun 635 M oleh seorang sahabat Nabi Muhammad yang merupakan komandan tentara Muslim penakluk Levant pada abad ke-7.

Sebelum Cytryn-Silverman melakukan penggalian di sana sebelas tahun yang lalu, para pakar percaya bahwa struktur bangunan di tengah situs itu adalah pasar dari periode Bizantium.

Namun, penggalian selanjutnya mengungkapkan sebuah pecahan tembikar dan koin dari periode awal Islam. Bersama dengan struktur bertingkat dari fondasi bangunan, para arkeolog menunjuk ke situs yang berasal dari Islam.

Sejarawan sudah mengetahui lokasi masjid yang lebih tua tersebut, tetapi mereka tersembunyi di bawah masjid yang ada di mana arkeolog tidak dapat mengaksesnya.

Sisa-sisa masjid tertua yang diketahui ditemukan di timur Baghdad di kota kuno Wasit, dan bertuliskan 703 M.

Tim arkeolog Israel percaya bahwa masjid yang ditemukan di Tiberias dibangun beberapa dekade sebelumnya, dan mungkin didirikan oleh Shurahbil ibn Hasana, seorang komandan tentara yang menaklukkan daerah tersebut.

“Kami tidak dapat memastikan bahwa ini adalah milik Shurahbil. Tapi kami memiliki sumber bersejarah yang mengatakan dia mendirikan sebuah masjid di Tiberias ketika dia menaklukkannya pada tahun 635,” kata Dr Cytryn-Silverman.

  • Bagikan