Pandemi Corona Bikin Bank Fokus Pada Layanan Digital

Diposting pada

Jakarta – Perbankan merupakan salah satu sektor esensial yang bisa tetap beroperasi selama masa PPKM Darurat di kala pandemi COVID-19. Salah satunya PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang fokus transformasi digital untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan transaksi nasabah.

Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki mengungkapkan transaksi digital ini mulai dari D-Bank, Danamon Online Banking, SMS Banking sampai ATM.

“Bank Danamon terus mendorong transaksi digital yang disediakan dalam berbagai pilihan kepada nasabah,” jelas dia dalam keterangannya, dikutip Sabtu (17/7/2021).

Yas menjelaskan jika generasi muda merupakan salah satu target yang akan dibidik oleh bank. “Untuk menggaet mereka, kami harus digital savvy dan berpikir mengedukasi literasi keuangan,” jelas dia.

Dia menyebut sejak COVID-19 varian delta ini tersebar di Indonesia banyak pegawai, nasabah dan mitra Bank Danamon yang terinfeksi. Karena itu Bank Danamon fokus menurangi penyebaran virus dan meminta pegawai untuk bekerja dari rumah.

Yashusi mengatakan 65 tahun bukanlah proses yang singkat bagi Danamon. Meski tahun 2020 dan awal tahun ini, kita dihadapkan pada banyak tantangan seperti kondisi ekonomi tidak menentu dan situasi yang sulit akibat pandemi, Danamon tetap dapat mengukir berbagai pencapaian.

Kesuksesan Danamon tidak mungkin terjadi tanpa kerja keras dan dedikasi karyawan, mitra usaha, para nasabah dan seluruh pemangku kepentingan yang telah berkontribusi membawa Danamon menjadi salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua tentunya yang menjadi motivasi bagi Danamon untuk terus hadir memberikan pelayanan dan kinerja yang lebih baik. Walaupun masih dalam masa pandemi covid-19, kami ingin mengajak setiap lapisan masyarakat untuk optimis menatap ke depan, bersatu dan berkolaborasi dalam menghadapi masa krisis ini,” ujar dia.

Berdiri sejak tahun 1956, Danamon terus memberikan inovasi terbaru dengan meluncurkan program-program yang menarik bagi nasabah. Salah satunya dengan meluncurkan Danamon Simpan Pinjam pada tahun 2004 seiring dengan proses akuisisi dengan Adira Finance.

Pada tahun 2019 Danamon secara resmi menjadi anggota dari MUFG Bank, Ltd (MUFG) dimana investasi MUFG di Danamon akan memberikan nilai tambah bagi seluruh nasabah danfranchiseDanamon, serta mendukung Bank untuk terus bertumbuh menjadi bank terkemuka di Indonesia. Area kolaborasi dan sinergi tersebut meliputi pembiayaan untuk rantai pasok otomotif, perbankan ritel, inovasi digital dan kemampuan manajemen risiko.

Pada tahun 2020, seiring dengan peluncuran Danamon Optimal untuk memberikan solusi finansial bagi nasabah pada segmenupwardly mobile, Danamon berhasil meraih penghargaan Asia Trailblazer Award oleh Retail Banker International (RBI) dengan predikatHighly Recommendeduntuk kategoriBest Digital Banking Initiativeberkat alih pengetahuan dan teknologi dari MUFG.

Berkomitmen pada visi peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan, Danamon terus berkembang dan menjalankan misi sebagai lembaga keuangan terkemuka di Indonesia dengan menerapkan nilai-nilai perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah dan mitra. Atas komitmen dan inovasi dalam pelayanannya, pada tahun 2020 Danamon meraih penghargaan sebagai Best Digital Bank oleh Asiamoney pada ajang penganugerahan Asiamoney Best Bank Award 2020 seiring juga ditetapkannya Danamon sebagai Bank Umum Berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU) 4 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 27 Mei 2020.

Tahun 2021 juga menjadi peringatan dua tahun penyelesaian investasi strategis MUFG di Bank Danamon. Bersama MUFG, Bank Danamon telah mampu melewati masa penuh tantangandalam rangka mendukung program pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19. Bank Danamon Bersama MUFG dan Adira Finance pada 23 Juni – 2 Juli lalu mengadakan sentra vaksinasi dengan menyalurkan 12.500 dosis vaksinyang ditargetkan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), masyarakat transportasi, pengemudi transportasi daring, masyarakat rentan, serta karyawan lini terdepan yang menghadapi nasabah dari ketiga lembaga jasa keuangan tersebut.

Selama masa pandemi, Danamon juga memastikan nasabah dapat terus menikmati layanan perbankan, melalui kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi keuangan kapan saja dan dimana saja. Nasabah memiliki pilihan menggunakan layanan perbankan elektronik dan digital untuk kebutuhan dan kenyamanan bertransaksi seperti D-Bank, Danamon Online Banking, SMS Banking dan ATM.

Danamon secara berkesinambungan terus berupaya mendukung upaya pemerintah dalam penanganan pandemic COVID-19. Bersama dengan mitra strategis terkait, Danamon sedang menggagas pendirian Rumah Sakit Darurat untuk membantu meringankan beban fasilitas kesehatan.

Dengan semangat Tumbuh Melalui Kolaborasi, Danamon hari ini juga meluncurkan ‘Festival Kola6ora5i’, sebuah festival virtual yang mengusung semangat kolaborasi untuk kita tumbuh bersama, tetap produktif dan bersikap positif walaupun #dirumahaja. Danamonpercaya, bersama kita bisa tumbuh lebih cepat dan lebih jauh.

Di area festival virtual ini masyarakat dapat menemukan kisah inspiratif perjalanan Danamon, produk-produk promosi kolaborasi special HUT ke-65, serta 650 menit talkshow yang menyoroti pentingnya kolaborasi dari berbagai topik, aspek, dan sudut pandang. Baik nasabah maupun non-nasabah dapat mengakses area festival ini dengan mudah dan gratis dihttps://www.festivalkolaborasi.id/.

Sebagai bagian dari HUT 65 Danamon juga terus berkomitmen dalam semangat kesejahteraan melalui Aksi Danamon Peduli, yang diantaranya mendukung pergerakan ekonomi melalui program Aksi Pasar Sehat dan Tangguh, serta mengadakan Aksi Air & Sanitasi Untuk Nusantara yang berupa program fasilitas sanitasi dan sumber air bersih untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah yang membutuhkan.(detik.com)