5 Bahaya Ngupil Ini Merusak Kesehatan Tubuh, Begini Cara Mengatasinya

HAI paham banget kok. Meskipun kegiatan mengupil sering kali disebut jorok dan nggak sopan. Pasti kamu pernah kan melakukannya?

Mungkin tujuan awalnya untuk membersihkan kotoran hidung. Tapi semakin lama malah jadi kebiasaan, yang sebenarnya adalah kebiasaan buruk.

Karena HAI mengutip dari Healthline dan CewekBanget, ternyata mengupil itu bisa membawa lima bahaya ke tubuh kita loh sob.

Biar nggak lagi ngupil, langsung aja deh nih simak lima bahaya yang akan kamu hadapi kalau sering melakukannya.

Infeksi

Infeksi di hidung bisa terjadi ketika saat kita ngupil, kuku kita menggesek bagian dinding hidung yang sebabkan adanya luka.

Kalau ada luka atau cuma terasa sakit aja, ini sudah berpotensi bakteri berbahaya bisa masuk ke dalam aliran darah kita, lho!

Bahkan, kita bisa menyebabkan bakteri staphylococcus aureus masuk ke dalam tubuh yang bisa sebabkan infeksi serius pada kesehatan kita!

Kerusakan rongga hidung

Kalau kita terlalu sering ngupil, ternyata kita bisa merusak rongga hidung kita, lho!

Dalam satu studi, orang yang terlalu sering ngupil ternyata bisa merasakan peradangan dan bengkak pada jaringan hidung, menyebabkan hidungnya jadi gampang tersumbat!

Berdarah

Kalau sudah berdarah, wajib sadar kalau apa yang kita lakukan adalah hal yang salah dan wajib dihindari, nih!

Ketika kita sering mengorek hidung, kita bisa membuat pembuluh darah halus yang ada di dalam hidung menjadi rusak dan pecah, menyebabkan kita bisa berdarah hingga mimisan.

Jerawat

Kalau kita perhatikan, setiap kali kita ngupil bisa aja kita juga ikutan menarik rambut halus pada hidung.

Masalahnya, jerawat bisa aja muncul pada folikel rambut halus hidung, yang menyebabkan rasa sakit dan bakteri yang bisa menginfeksi hidung kita!

Kerusakan dinding tipis hidung

Ketika kebiasaan kita ngupil sudah di luar batas, ternyata dinding tipis yang memisahkan hidung kanan dan kiri juga bisa rusak, lho!

Bahkan dalam situasi yang parah, dinding tipis ini bisa berlubang, girls!

Cara ngupil yang aman

Karena kebiasaan ngupil itu sendiri enggak disarankan, ada cara aman biar kita bisa ngupil dengan lebih aman, nih.

Dikutip dari GQ, pertama dan utama jangan pernah memaksa mengeluarkan kotoran dari hidung kita.

Kalau kita memasukkan jari ke hidung dan enggak mendapatkan apapun, sebaiknya segera di keluarkan lagi.

Jangan pernah sengaja mengorek hidung untuk mengeluarkan kotoran, karena bisa membuat luka berbahaya, nih. Lagipula, ketika upil bisa keluar dari hidung, akan makin banyak upil lainnya yang terbentuk.

Kita juga bakal merasakan adanya kulit kering yang terbentuk pada dinding hidung, yang kita kira sebagai upil kering. Padahal itu adalah kulit perlindungan yang diproduksi hidung biar dinding hidung kita enggak infeksi, lho!

Untuk mengeluarkan upil yang aman, caranya adalah dengan menyemprotkan obat tetes hidung, nih. Nantinya upil bakalan jadi cair dan lebih mudah keluar sendiri dari hidung kita. (*)

        HALAMAN SELANJUTNYA =>